Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Smartphone Pada Peserta Didik Di Kelas X Smk Pgri 01 Wajak
Media pembelajaran matematika berbasis smartphone memuat materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Materi pembelajaran ini dikemas kedalam bentuk media pembelajaran smartphone yang memanfaatkan smartphone yang semakin berkembang pada saat ini. Pembelajaran yang dilakukan di sekolah belum memanfaatkan media smartphone sebagai media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media yang dapat membantu guru untuk melaksanakan pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap sebagai berikut : (1) Assume, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah pesertadidik kelas X SMK PGRI 01 Wajak tahun pelajaran 2022/2023. Uji coba kelompok kecil menggunakan 10 orang peserta didik kelas X Teknik Sepeda Motor. Uji coba kelompok besar menggunakan subjek sebanyak 24 orang peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil kelayakan diperoleh dari tiga validasi yang dilakukan oleh Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan Guru SMK PGRI 01 Wajak. Hasil kepraktisan media diperoleh dari angket pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Untuk hasil keefektifan media di peroleh dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.
Peninalian yang dilakukan kepada ahli media mendapatkan persentase 88,%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli pembelajaran mendapatkan persentase 80,83%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan persentase 73,5%. Kepraktisan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil angket uji coba kelompok kecil yang mendapat persentase 73,8%. Kepraktisan di uji coba kelompok besar mendapat nilai persentase 88,08%. Hasil keefektifan media pembelajaran ini diambil dari tes soal yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 61,3%. Hasil tes soal yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 85,75%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis smartphone bisa digunakan sebagai media pembelajaran karena sudah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran ini masih perlu dikembangkan lagi untuk mendapatkan media yang lebih baik untuk digunakan dalam pembelajaran.
21345729/SB/2024 | KKI 510 MUC p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain