Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri) Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 01 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri) Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 01 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Ike Fitri Rakhmawati - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Tri Wahyudianto, M.Si - Nama Orang;

Dari hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Kecamatan Sukun Kota Malang dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional, yaitu pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Pada metode ceramah ini, guru menyampaikan materi dengan buku paket. Setelah selesai menyampaikan materi, siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal yang terdapat di LKS sehingga pembelajaran kurang menyenangkan. Beberapa siswa terlihat malas untuk mengikuti pelajaran.Untuk itu perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat sehingga siswa lebih kreatif, aktif, efektif, dan menyenangkan dalam proses pembelajarannya. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran STAD yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Malang. Model pembelajaran STAD, terdiri dari 6 tahapan, yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran, penyajian informasi, mengatur siswa dalam kelompok belajar, membantu siswa bekerja dan belajar dalam kelompok, memberikan tes/kuis tentang materi pelajaran, memberikan penghargaan pada kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa siklus II dengan pokok bahasan Pulau Sulawesi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 01 Malang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I sebesar 85,39% berada pada kriteria baik, dan siklus II 93,27%, berada pada kriteria sangat baik sedangkan pada aktifitas siswa siklus I sebesar 80,44% berada pada kriteria baik, dan siklus II 86,58% berada pada kriteria baik. Untuk aktivitas belajar siswa menunjukkan ketercapaian pada siklus I sebesar 87,34%, berada pada kriteria cukup baik dan pada siklus II sebesar 92,90%, berada pada kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar IPA siswa, nilai rata￾rata prestasi belajar sebelum tindakan yaitu 60,83 (33,33%), siklus I yaitu 71,81 (53,33%) dan siklus II yaitu 75,69 (80,55%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas penerapan model pembelajaran STAD memenuhi kriteria baik, model pembelajaran STAD, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Kebonsari 01 Malang


Ketersediaan
21345728/SB/2024KKI 372 IKE p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 IKE p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xvi, 86hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Aktivitas Belajar
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri) Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 01 Malang T
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik