Electronic Resource
Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri) Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 01 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Dari hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Kecamatan Sukun Kota Malang dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional, yaitu pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Pada metode ceramah ini, guru menyampaikan materi dengan buku paket. Setelah selesai menyampaikan materi, siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal yang terdapat di LKS sehingga pembelajaran kurang menyenangkan. Beberapa siswa terlihat malas untuk mengikuti pelajaran.Untuk itu perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat sehingga siswa lebih kreatif, aktif, efektif, dan menyenangkan dalam proses pembelajarannya. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran STAD yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Malang. Model pembelajaran STAD, terdiri dari 6 tahapan, yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran, penyajian informasi, mengatur siswa dalam kelompok belajar, membantu siswa bekerja dan belajar dalam kelompok, memberikan tes/kuis tentang materi pelajaran, memberikan penghargaan pada kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa siklus II dengan pokok bahasan Pulau Sulawesi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 01 Malang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I sebesar 85,39% berada pada kriteria baik, dan siklus II 93,27%, berada pada kriteria sangat baik sedangkan pada aktifitas siswa siklus I sebesar 80,44% berada pada kriteria baik, dan siklus II 86,58% berada pada kriteria baik. Untuk aktivitas belajar siswa menunjukkan ketercapaian pada siklus I sebesar 87,34%, berada pada kriteria cukup baik dan pada siklus II sebesar 92,90%, berada pada kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar IPA siswa, nilai ratarata prestasi belajar sebelum tindakan yaitu 60,83 (33,33%), siklus I yaitu 71,81 (53,33%) dan siklus II yaitu 75,69 (80,55%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas penerapan model pembelajaran STAD memenuhi kriteria baik, model pembelajaran STAD, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Kebonsari 01 Malang
21345728/SB/2024 | KKI 372 IKE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain