Electronic Resource
Pengembangan Media Wayang Kardus Dalam Pembelajaran Berperilaku Baik Pada Anak Kelompok A Di Tk Bunga Kota Malang
Pengembangan nilai agama dan moral menjadi salah satu aspek yang perlu untuk diperhatikan dalam pendidikan taman kanak-kanak. Dengan nilai agama dan moral akan berpengaruh pada keberlangssungan hidup anak untuk masa mendatang. Kegiatan yang digunakan untuk mengembangkan nilai agama dan moral hanya menggunakan lembar kerja pada buku paket, hal ini menunjukkan kurangnya media yang digunakan guru untuk mendorong perkembangan nilai agama dan moral. Kondisi tersebut terjadi pada anak kelompok A TK Bunga Kota Malang.
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahuiapakah media wayang kardus dapat digunakan untuk pembelajaran perilaku baik pada anak kelompok ATK Bunga Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D, dengan mengambil delapan langkah yaitu permasalahan yang timbul, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perubahan produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media wayang kardus, terdiri dari 4 tahapan uji kelayakan media : uji ahli, uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas,dan uji operasional. Penelitian ini dilakukan di TK Bunga Kota Malang, subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan hasil 94,5%, hasil uji validasi ahli media menunjukkan 90%, hasil uji lapangan terbatas menunjukkan presentase 71,6%, hasil uji lapangan lebih luas menunjukkan 85% , hasil uji coba operasional menunjukkan 87,6 %. Berdasarkan hasil tersebut media wayang kardus dapat meningkatkan kemampuan nilai agama dan moral pada anak kelompok A TK Bunga Kota Malang.
Kesimpulan penelitian ini, media wayang kardus layak digunakan untuk pembelajaran berperilaku baikanak kelompok A TK Bunga Kota Malang hal ini dapat terlihat dari hasil uji coba yang telah dilakukan, guru hendaknya berkreasi dan berinovasi untuk membuat media pembelajaraan khususnya berperilaku baik.
21345725/SB/2024 | KKI 372 TIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain