Electronic Resource
Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV A Pada Mata Pelajaran IPA Materi Alat Indra Manusia SDN Sukun 2 Kota Malang
Pembelajaran IPA sangat penting bagi anak, karena berhubungan langsung dengan alam sekitar.Berdasarkan dokumentasi nilai, rata-rata nilai IPA siswa adalah 53,05 ketuntasan klasikal hanya 26,83 %, hal ini masih di bawah ketuntasan individu yaitu 65, dan ketuntaan klasikal 70 %. Berdasarkan observasi awal siswa kelas IVA SDN Sukun 2 cenderung pasif dalam pembelajaran IPA. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan cara tradisional/konvensional. Metode yang digunakan lebih banyak ceramah, sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran dan siswa cenderung menghafal materi. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi pembelajaran peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan peta konsep pada mata pelajaran IPAmateri alat indra manusia siswa kelas IVA SDN Sukun 2; (2) untuk mengetahui prestasi belajar IPA materi alat indra manusia siswa kelas IVA SDN Sukun 2 melalui penerapan peta konsep. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Sukun 2 meliputi 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Prestasi siswa lebih meningkat selama proses pembelajaran, ini terlihat dan rata-rata nilai prestasi belajar siswa dari nilai pratindakan rata-rata 53,05 disiklus I meningkat menjadi 66,85 pada siklus II menjadi 74,49 dan pada siklus III meningkat menjadi 78,71. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi alat indra manusia siswa kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang. Saran yang diberikan peneliti adalah dalam penerapan peta konsep guru hendaknya memberikan contoh peta konsep sebelum memberi tugas siswa untuk membuat peta konsep, dan guru hendaknya dapat mengorganisir waktu dengan baik.
21345724/SB/2024 | KKI 372 LIA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain