Electronic Resource
Penerapan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid Di Kelas 6 Sd Anak Saleh Malang
Pandemi Covid-19 menuntut guru untuk membuat design Pembelajaran
secara kreatif dan inovatif. Pencapaian pembelajaran harus sesuai visi dan misi Pendidikan begitupun juga Pendidikan karakter. Pendidikan karakter tanggungjawab dan disiplin menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif. Jenis penelitian Study kasus. Metode penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Anak Saleh Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah
30 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter tanggungjawab dan disiplin pada masa pandemi Covid-19 tersusun dalam Panca Karakter SD Anak Saleh yaitu: Kesalehan Personal, Kesalehan Sosial, Kesalehan Kealamiahan, Kesalehan Kecendekiaan dan Kesalehan Kebangsaan. Karakter tanggungjawab dan disiplin masuk dalam Kesalehan Personal. Penerapan pendidikan karakter tanggungjawab dan disiplin diaplikasikan dalam pembiasaan (Habituasi) SD Anak Saleh. Habituasi ini berupa: Penanaman panca karakter, membaca doa sebelum belajar, sholat Dhuha secara rutin, membaca Asmaul Husna, hafalan dan ibadah praktis. Sementara untuk penerapan karakter tanggungjawab dan disiplin dalam pembelajaran dikelas dilakukan denganmorning breafing (learning contract), mengisi stiker keaktifan kelas, mengumpulkan tugas di google classroom secara tepat waktu. Kesimpulan dari hasil penelitian penerapan pendidikan karakter tanggungjawab dan disiplin bagian dari capaian panca karakter Anak Saleh Kesalehan Personal.
21344828/SB/2022 | KKI 372 LAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain