Electronic Resource
Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Sdn 7 Sumberpucung Kabupaten Malang
Keterampilan mengajar guru merupakan kemampuan guru saat mengembangkan aktivitas, membimbing kegiatan atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Jika guru menerapkan keterampilan mengajar dengan baik, maka akan berpengaruh pada meningkatnya minat belajar siswa. Sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui interaksi antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 7 Sumberpucung Malang.”
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Design dalam penelitian ini menggunakan Noneequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas III B sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% , menunjukkan bahwa nilai sig 0,097 > 0,05. Dengan demikian H0 diterimam ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan awal siswa. Hal ini sebagai dasar untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontol sehingga dilakukan pengundian karena hasil pada uji T kemampuan awal siswa sama atau tidak berbeda. Sedangkan pada hasil pengujian anailisis uji anova dua jalur yang pertama diperoleh taraf signifikansi 0,026 < 0,05, sehingga ada perbedaan minat belajar siswa dengan menerapkan keterampilan mengajar saat pembelajaran. Hasil pengujian anailisis uji anova dua jalur yang kedua diperoleh taraf signifikansi 0,015 < 0,05, yang berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan menerapkan keterampilan mengajar saat pembelajaran. Dan hasil pengujian anailisis uji anova dua jalur yang ketiga diperoleh taraf signifikansi 0,049 < 0,05, yang berarti ada interaksi antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga keterampilan mengajar guru dan kedisiplinan belajar siswa berpengaruh pada prestasi belajar siswa di SDN 7 Sumberpucung Kabupaten Malang.
| 21345722/SB/2024 | KKI 372 WIW p./s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain