Electronic Resource
Analisis Kemampuan Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sdn Gunungsari
Kemampuan pedagogik merupakan kemampuan seseorang dalam
melakukan tugas profesinya, kemampuan seorang guru tersebut dapat mencirikan
tindakan atau perilaku serta keprofesionalannya menjalankan tugas untuk menghasilkan tindakan kerja yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Kemampuan pedagogik guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa SDN Gunungsari.
Penelitian kualitatif ini mengunakan instrument penelitian berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi subjek dari penelitian ini adalah guru wali kelas SDN Gunungsari dan SDN Sukun 3 Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan model analisis interaksi yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kessimpulan. Keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber data, prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengecekan data, tahap analisis data, tahap penulisan laporan.
Hasil penelitian Kompetensi pedagogik dalam pembelajaran sesuai dengan 4 aspek penguasaan kompetensi pedagogik guru menunjukan telah melaksanakan dan menguasai aspek-aspek tersebut. Dibuktikan dengan aspek-aspek yang telah dikuasai, seperti halnya aspek; menguasai atau paham karakteristik peserta didik, aspek kemampuan dalam membuat rancangan pembelajaran, aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan komunikatif dan aspek kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar.Disisi lain dari beberapa aspek yang telah dikuasai oleh guru terdapat beberapa aspek juga yang harus masih dikembangkan lagi yaitu aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan komunikatif dan aspek kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar. Dalam proses pembelajaran juga masih terdapat problematika kesulitan guru dalam memahami karakteristik siswa Dari dua aspek tersebut di atas terdapat juga adanya pengaruh situasi pandemi covid 19, dimana menjadikan kegiatan pembelajaran terhambat, sehingga proses penerapan pembelajaran yang mendidik dan komunikatif dan penilaian atau evaluasi hasil belajar tersebut belum berjalan dengan maksimal.
21345720/SB/2024 | KKI 372 KAR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain