Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Pembelajaran Pkn Dengan Model Pakem Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tlogowaru 01 Tahun Ajaran 2011-2012 Kota Malang

Electronic Resource

Upaya Pembelajaran Pkn Dengan Model Pakem Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tlogowaru 01 Tahun Ajaran 2011-2012 Kota Malang

Aluwi - Nama Orang; Dr. Hj. Suciati, S.H, M.Hum. - Nama Orang; Dra. Muhertatik, S.H, M.Si - Nama Orang;

Pembelajaran adalah suatu proses yang digunakan dalam rangka membantu komunikasi antara guru dan murid sehingga dapat mempermudah dan merangsang siswa untuk belajar. Metode pembelajaran sepatutnya disesuaikan dengan bentuk belajar atau hasil belajar yang diharapkan diperoleh siswa, sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman tentang sesuatu konsep atau prinsip atau dapat juga melatih kemampuan memecahkan masalah yang bersumber dari realita kehidupan. Metode PAKEM merupakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dipusatkan pada siswa dengan melalui pemberian masalah di awa pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan adanya pengorganisasian siswa untuk belajar, melakukan penyelidikan dan diakhiri dengan penyajian hasil karya serta pengevaluasian proses pemecahan masalah. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKn dengan menggunakan PAKEM untuk melihat aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Siswa Kelas IV Di SDN Tlogowaru 01 Malang. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah, selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Hasil penelitian dari pertemuan pertama hasil essay yang ditulis ini menunjukkan hasil rata-rata nilai adalah 75 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi adalah 85, pertemuan kedua rata-rata mendapat nilai 70 dengan nilai terendah 65 dan tertinggi 85 sedangkan pada pertemuan ketiga rata-rata nilai yang didapat hampir sama yaitu nilai rata-rata 75 nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 75 dengan pokok bahasan memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan, pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan PAKEM dalam penelitian ini berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan metode PAKEM.


Ketersediaan
21345711/SB/2024KKI 371.114 ALU u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.114 ALU u/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xi, 71hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran
model PAKEM
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • UPAYA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGOWARU 01 TAHUN AJARAN 2011-2012 KOTA MALANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik