Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pola Pembinaan “Sanggar Sahabat Anak” Terhadap Anak-Anak Di Kelurahan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang Melalui  Pendidikan Non Formal

Electronic Resource

Pola Pembinaan “Sanggar Sahabat Anak” Terhadap Anak-Anak Di Kelurahan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang Melalui Pendidikan Non Formal

Agustinus Ndua - Nama Orang; Dr. Hj. Suciati, SH., M. Hum. - Nama Orang; Drs. Cahyo Edy. M. Pd. - Nama Orang;

Menurut UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, dinyatakan bahwa “pendidikan merupakan usaha sadar agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat”. Oleh karena itu semua warga Negara Indonesia berhak untuk mengenyam pendidikan terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Namun kenyataan bahwa pendidikan secara formal selalu berpihak pada orang￾orang kaya sehingga bagi kaum miskin pendidikan formal jarang mereka dapatkan. Bagi kaum miskin pendidikan non formal menjadi alternatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pola pembinaan yang dilakukan oleh “sanggar sahabat anak” terhadap anak-anak di kelurahan Bandulan melalui pendidikan non formal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang pola pembinaan “Sanggar Sahabat Anak” terhadap anak-anak di kelurahan Bandulan kecamatan Sukun Kota Madya Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan “Sanggar Sahabat Anak” terhadap anak-anak di kelurahan Bandulan melalui pendidikan non formal, hambatan-hambatan yang dihadapi oleh “Sanggar Sahabat Anak” dalam membina anak-anak, dan upaya untuk mengatasi hambatan yang dihadapi oleh “Sanggar Sahabat Anak” dalam membina anak-anak di kelurahan Bandulan melalui pendidikan non formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dan untuk jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak”. Untuk sampel penelitian terdiri dari pengurus “sanggar sahabat anak”, orang tua anak, dan 20 orang anak yang dibina oleh “sanggar sahabat anak”. Dalam penelitian ini digunakan teknik accidental sampling. Hal ini dikarenakan terdapat keterbatasan dalam penelitian seperti keterbatasan waktu, dana, dan pemilihan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bahwa dalam rentang usia 0-4 tahun terdapat 20,5% anak laki-laki dan 4% anak perempuan yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak”, kemudian untuk rentang usia 5-9 tahun terdapat 35,2% anak laki￾laki dan 48% anak perempuan yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak”, pada rentang usia 10-14 tahun terdapat 17,6% anak laki-laki dan 40% anak perempuan yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak”, sedangkan untuk usia 15-19 tahun terdapat 26,5% anak laki-laki dan anak perempuan 8% yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak” di kelurahan Bandulan kecamatan Sukun kota Malang selama tahun 2012. Pola pembinaan yang dilakukan oleh “Sanggar Sahabat Anak” dibagi menjadi dua yaitu pembinaan bagi anak-anak yang masih mengenyam pendidikan formal dan pembinaan bagi anak-anak yang drop-out sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa rentang usia anak yang banyak dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak” adalah usia 5-9 tahun tepatnya pada usia 7 tahun untuk rata-rata usia anak tersebut. Pada rentang usia ini sebanyak 35,2% anak laki-laki dan 48% anak perempuan yang dibina oleh “Sanggar Sahabat Anak”. Walaupun terdapat banyak hambatan yang dialami sanggar dalam membina anak-anak di kelurahan Bandulan, peneliti menyarankan agar para pengurus “Sanggar Sahabat Anak” tetap semangat dalam membina anak-anak yang tidak mampu.


Ketersediaan
21345710/SB/2024KKI 371.114 AGU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.114 AGU p/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvii, 131hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Anak
pola pembinaan
pendidikan non formal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • POLA PEMBINAAN “SANGGAR SAHABAT ANAK” TERHADAP ANAK-ANAK DI KELURAHAN BANDULAN KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik