Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peran Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Dalam Menanamkan Pendidikan Berkarakter Bagi Siswa

Electronic Resource

Peran Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Dalam Menanamkan Pendidikan Berkarakter Bagi Siswa

Hari Wijaya - Nama Orang; Drs. Cahyo Edi, M.Pd. - Nama Orang; Dr. Suciati, SH.,M.Hum. - Nama Orang;

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah ditegaskan bahwa Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada para peserta didik di sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai pancasila, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun bangsa sehingga menjadi manusia insan kamil. Peran Pancasila dalam menanamkan pendidikan berkarakter bagi siswa, sebagai berikut : 1) Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia, 2) Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia, 3) Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, 4) Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, 5) Pancasila sebagai sumber dari sumber hukum atau tertib hukum bagi Republik Indonesia, 6) Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia, 7) Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia, 8) Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia. Dengan objek penelitian tentang peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam menanamkan pendidikan berkarakter bagi siswa, yang melalui pembahasan dari perspektif ilmu khususnya sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS) dan dengan spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis dengan menggambarkan undang-undang yang berlaku secara nasional, disertai aspek historisnya yang memiliki relefansi dengan permasalahan yang diteliti. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah yuridis normatif, yaitu penelitian yang mengacu dan menekankan aspek-aspek yuridis melalui studi kepustakaan (liberary research) dan dengan sumber bahan primer, bahan skunder dan bahan tersier. Data penelitian yang dikumpulkan oleh penulis melalui liberary research dengan melakukan penelitian terhadap tulisan-tulisan yang erat kaitannya dengan permasalahan yang diteliti. Hal ini untuk mendapatkan teoritis dan memperoleh informasi dalam bentuk ketentuan formal dan data dalam naskah yang ada. Kemudian berbagai data diseleksi, lalu diklasifikasikan baik secara sistematis, logis dan yuridis. Hal ini untuk memperoleh gambaran umum dan spesifik mengenai objek penelitian. Berdasarkan penelitian, maka diperoleh gambaran bagaimana peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam menanamkan pendidikan berkarakter bagi siswa. Dimana persoalan pendidikan karakter adalah sebuah persoalan yang teramat penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia pada saat sekarang ini. Di pihak lain persoalan tentang pendidikan karakter merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks dengan dimensi sekarang ini. Persoalan pendidikan karakter bukan persoalan pemerintah saja, akan tetapi menyangkut juga masyarakat dan lain sebagainya, sehingga persoalannya tidak mungkin dikaji secara monodisipliner, akan tetapi harus secara interdisipliner.


Ketersediaan
21345709/SB/2024KKI 371.114 HAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.114 HAR p/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xiii, 113hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Siswa
Pendidikan Karakter
Skripsi
Peran Pancasila
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik