Electronic Resource
Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Terhadap Anak Remaja
Pendidikan seks merupakan salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah penyalahgunaan seks, khususnya untuk mencegah dampak-dampak negatif yang tidak diharapkan, seperti kehamilan yang tidak direncanakan, penyakit menular seksual, depresi dan perasaan berdosa. Salah satu pihak yang berperan penting dalam pendidikan seks adalah orang tua. Hal ini dikarenakan adanya hubungan yang intim dan akrab antara si anak dan orang tua. Masalah seks merupakan masalah yang bersifat pribadi yang tentunya akan jauh lebih baik ketika hal ini disampaikan oleh orang yang memiliki hubungan sangat dekat dengan si anak. Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama dikenal oleh anak, jadi dalam lingkungan keluargalah watak dan kepribadian anak akan dibentuk dan sekaligus akan mempengaruhi perkembangannya di masa depan. Penulisan ini berdasarkan permasalahan (1) Bagaimana peranan orang tua dalam pendidikan seks terhadap anak remaja? (2) Apa saja kendala orang tua dalam pendidikan seks terhadap anak remaja? (3)Apa saja solusi orang tua dalam mengadapi kendala- kendala dalam pendidkan seks anak remaja? Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peranan orang tua dalam pendidikan seks terhadap anak remaja,(2) peranan orang tua dalam pendidikan seks terhadap anak remaja,(3) solusi orang tua dalam mengadapi kendala- kendala dalam pendidkan seks anak remaja Di mata anak, orang tua (ayah ibu) adalah figur atau contoh yang akan selalu ditiru oleh anak-anaknya. Oleh sebab itu, ayah ibu harus mampu memberi contoh yang baik pada anak-anaknya, memberi pengasuhan yang benar serta mencukupi kebutuhan-kebutuhannya dalam batasan yang wajar. Dengan memainkan peranan yang benar dalam mendidik dan mengasuh anak, anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Dan yang tidak kalah pentingnya, anak akan tumbuh menjadi anak yang berkarakter tidak mudah larut oleh budaya buruk dari luar serta menjadi anak yang berkepribadian baik sebagai aset generasi penerus bangsa di masa depan.
21345705/SB/2024 | KKI 371.114 ELI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain