Electronic Resource
Analisis Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II Sdn Sumberagung 03 Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)
Pandemi Covid-19 yang menular dengan cepat menyebabkan pemerintah memberikan kebijakan untuk tetap di rumah saja agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini berdampak pada penerapan pendidikan di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) untuk mematuhi kebijakan pemerintah. Sistem pembelajaran yang berbeda mengharuskan guru maupun siswa untuk beradaptasi agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi konsentrasi belajar siswa dan faktor yang memperngaruhi konsentrasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Penerapan pembelajaran daring yang mendadak ini menuntut guru dan siswa untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring sangat beragam. Terdapat siswa yang mampu mengikuti pembelajaran dengan konsentrasi yang tinggi dan juga terdapat siswa yang memiliki konsentrasi rendah. Dan faktor yang mempengaruhi konsetrasi belajar siswa meliputi minat siswa terhadap pembelajaran, perasaan siswa selama mengikuti pembelajaran, suasana lingkungan belajar siswa, kondisi siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan tingkat kejenuhan siswa selama mengikuti pembelajaran. Selain itu terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat konsentrasi belajar siswa. Adapun fakor pendukung konsentrasi siswa yaitu dampingan yang diberi orang tua, motivasi dari orang tua dan pemberian reward dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat konsentrasi siswa antara lain, gangguan dari saudara, gangguan dari handphone, gangguan dari televisi, dan gangguan dari mainan.
21345707/SB/2024 | KKI 372 AGI a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain