Electronic Resource
Penerapan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitungpecahan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Lawang Malang
Mata Pelajaran matematika adalah suatu diantara mata pelajaran berperan strategis dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (IPTEK), karena mempelajari matematika sama halnya melatih pola inovatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Artinya bahwa matematika digunakan oleh manusia disegala bidang.Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Lawang pada materi pecahansenilai. Sehingga dampak pada belajar siswa yang belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan media kartu domino yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Lawang. (2) Untuk meningkatkan keterampilan berhitung pecahan pada sisiwa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Lawang dengan menggunakan media kartu domino pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan alur penelitian meliputi, rencana Tindakan, pelaksanaan Tindakan, observasi, refleksi. Sumber penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri2 lawang dengan jumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan penerapan media kartu domino pecahan senilai yaitu : (1) Pendahuluan (2) Tahap pembagian kelompok, (3) Tahap penyajian materi, (4) Tahap presentasi, (5) Tahap kesimpulan, (6) Penutup. Aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,00% kategori baik, siklus II memperoleh nilai rata￾rata 91,00% kategori sangat baik. Aktifitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 77,00% kategori cukup aktif, Siklus II nilai rata-rata 91,00% kategori sangat aktif. Dari hasil Tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,07% dengan nilai rata-rata 74,23%. Hasil Tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 96,15% dengan nilai rata-rata 89,61%. Disarankan kepada guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 lawang Malang dalam pembelajaran matematika, hendaknya menggunakan media kartu domino, karena terbukti dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar. Siswa hendaknya tetap semangat, aktif, kreatif dan tidak mudah putus asa dalam belajar dan mengikuti pembelajaran. Peneliti selanjutnya, viii dapat melanjutkan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berhitung yang diaplikasikan pada materi yang lain.
21345708/SB/2024 | KKI 372 ARG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain