Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Adobe Flash  Materi Penggolongan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Penggolongan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar

Ika Susanti - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa. M.Pd - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan observasi di SDN Sukodadi 02 penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas masih belum efektif khsusunya di mata pembelajaran IPA materi Penggolongan Hewan, Tujuan dari prnrlitian ini adalah untuk mengetahui proses, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Video interaktif berbasis Aplikasi Adobe Flash pada pembelajaran IPA kelas V Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makananya di SDN Sukodadi 02.

Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan empat tahap yakni: Analisis, desain, pengembangan, implementasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas V kelas V Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makananya di SDN Sukodadi 02. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna (guru) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas V SDN Sukodadi 02 sebanyak 10 siswa. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan penilaian Kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media dapat dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Penilaian dari ahli media mendapatkan presentase 95% ahli materi mendapatkan presentase 85%, ahli bahasa mendapatkan presentase 100%. Penilaian dari calon pengguna (guru) medapatkan presentase 75%. Penilaian dari respon siswa pada ujicoba terbatas mendapatkan presentase 100%, dari hasil penilaian semua dikategorikan “Layak” dan “Sangat Baik”Berdasarkan penilaian tersebut media layak untuk diimplementasikan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran


Ketersediaan
21345703/SB/2024KKI 372 IKA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 IKA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 104hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pendidikan
Media Interaktif
Adobe Flash
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Penggolongan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik