Electronic Resource
Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Siswa Kelas Iv Sdn Model Kota Malang Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program literasi sekolah dan kompetensi berbahasa siswa kelas IV di SDN Model Kota Malang. Dalam dunia pendidikan kompetensi berbahasa sangatlah penting dimiliki oleh semua siswa. Kompetensi berbahasa memuat empat keterampilan yaitu keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara. Kompetensi berbahasa dapat berjalan lebih baik dengan adanya penunjang seperti program-program literasi yang ada di sekolah. Peneliti kualitatif ini menggunakan intrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan lembar dokumentasi. Subjek penelitian adalah, Kepala sekolah, Waka kurikulum, wali kelas dan siswa kelas IV SDN Model Kota Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program literasi sekolah dapat meningkatkan kompetensi berbahasa siswa. Kompetensi berbahasa yang memuat empat keterampilan berbahasa dimiliki oleh semua siswa kelas IV. Adapun keterampilan yang sulit dimiliki siswa yaitu keterampilan berbicara, dalam hal ini siswa kesulitan untuk menyampaikan hasil literasinya. Namun, guru teta menggunakan strategi yang baik agar semua siswa menguasai semua keterampilan berbahasa.
21345701/SB/2024 | KKI 372 DIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain