Electronic Resource
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA DESA KOSIHILAPOK SD INPRES MOAI KAB JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA.
Pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana yang dapat dilakukan oleh manusia. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah tentang pendidikan karakter yang ditanamkan dalam keluarga. Karakter anak indonesia belakangan ini mengalami degradasi (kemerosotan) Sehingga, pemerintah dan rakyat Indonesia tengah gencar mengimplementasikan pendidikan karakter di institusi pendidikan; mulai dari tingkat dini (PAUD), sekolah dasar (SD/MI), sekolah menengah (SMA/MA), hingga perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter di dalam keluarga (2) Metode yang digunakan dalam menanamkan pedidikan karakter di dalam keluarga (3) kendala serta pendorong pada pendidikan karakter di dalam keluarga. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif (fenomenologi) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti analisa data berdasarkan hasil pengamatan dan wawanwan. Pelaksanaan Pendidikan karakter dapat tanamkan dengan berbagai cara, dengan cara menanamkan nilai religious,nasionalis, tanggung jawab, integritas dan mandiri. Metode yang digunakan dalam membentuk karakter yaitu dengan cara memotivasi, membiasakan, menceritakan, dan percakapan. Adupula kendala dan pendorong yaitu, kendala pada pengusuhan anak oleh orang tua, guru dan fasilitas yang minum, masyarkat yang kurang berkontribusi serta pendorongnya adalah semangat yang giat atas impian seingga pihak-pihak berwajib terus memaksimalkan agar kelaka anak bangsa memiliki kepribadian yang baik, mandiri, pekerja keras dan mengharumkan nama bangsa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain