Electronic Resource
Peran Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Dalam Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pembelajaran Online Di Kelas 2 Sd Anak Saleh Malang
Pendidikan di Indonesia adalah salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Motivasi belajar siswa kelas 2 SD Anak Saleh Malang pada saat awal pandemi covid-19 masih sangat rendah. Dikarenakan masih minimnya kemampuan penggunaan teknologi pada siswa kelas rendah dimana masih memerlukan pendampingan dalam pembelajaran daring.Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi serta mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi covid-19 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Anak Saleh Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jumlah kehadiran siswa pada pembelajaran online mengalami peningkatan ketika guru memberikan pembelajaran yang menarik dan juga ada umpan balik dari guru tersebut.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat penting sebagai motivator untuk meningkatkan semangat belajar ketika pembelajaran online pada siswa kelas 2 SD Anak Saleh Malang
21345698/SB/2024 | KKI 372 IKA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain