Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari

Hergustian Umbu Paonga Oli - Nama Orang; Rosita Dwi Ferdiani, S.T., S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari, keaktifan belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat dari: (1) siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, (2) mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung, (3) siswa jarang mengajukan pertanyaan, (4) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, (5) siswa jarang mengerjakan tugas, dan (6) siswa merasa takut untuk menjelaskan hasil pekerjaannya di depan kelas. Melihat fenomena tersebut, maka perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching). Model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, PTK dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keaktifan siswa, catatan lapangan, pedoman wawancara dan soal tes. Hasil keaktifan belajar siswa diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa yang di dukung oleh hasil belajar siswa pada tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 61,11%. Pada akhir siklus II mencapai 77,77% dengan peningkatan 16,66% dan didukung oleh hasil belajar yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 72 dan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 73,33%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 83 dan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 86,67% dengan peningkatan 13,34. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika serta barisan dan deret geometri kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari. Diharapkan guru dalam pembelajarannya dapat menjadikan pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, agar proses pembelajaran di kelas menyenangkan, membangkitkan minat dan kreativitas siswa agar dapat meningkatkakan keaktifan belajar siswa.


Ketersediaan
21345696/SB/2024KKI 510 HER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 HER p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 168hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas X TSM 1 SMK PGRI Singosari
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik