Electronic Resource
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Fiksi Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Kelas 4 Sd
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan mengalami kemajuan yang signifikan apalagi saat pandemi covid 19 mulai Maret 2019 lalu. Dikarenakan saat pandemi pembelaran dilakukan secara daring dan memaksa guru dan siswa memanfaatkan teknologi yang ada. Namun pada prakteknya kadang pemanfaatan teknologi tersebut harus dibarengi dengan analisis pembelajaran yang jeli oleh guru seperti tidak hanya pemberian tugas saja namun harus juga ada penjelasan serta pembahasan soal setelah pemberian tugas. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Fiksi melalui penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Anak Saleh Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 27 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi teks fiksi mengalami peningkatan sebesar sebesar 8,7 (dengan rata-rata nilai pada pra tindakan sebesar 61,3 sedangkan pada siklus I sebesar 70). Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dari siklus I dan siklus II sebesar 16,07 (dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 70 sedangkan pada siklus II sebesar 86,07). Pada pelaksanaan tindakan siklus I siswa yang telah dinyatakan tuntas atau telah memenuhi syarat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 19 siswa atau sebesar 70%. Sedangkan pada pelaksanaan tindakan siklus II siswa yang telah tuntas atau telah memenuhi syarat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 23 atau sebesar 85%. Jumlah siswa yang belum tuntas pada siklus I sebanyak 8 siswa atau sebesar 30%, sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas pada siklus 2 sebanyak 4 siswa atau sebesar 15%. Dengan demikian, terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu sebesar 29%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom pada materi teks fiksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4B SD Anak Saleh Malang.
21345694/SB/2024 | KKI 372 MIF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain