Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual berbasis Online terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Wonokerto
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Audiovisual dalam melatih kemampuan siswa menulis teks yang layak digunakan sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Uji lapangan terbatas dilakukan terhadap 10 siswa kelas IV SDN 1 Wonokerto. Uji lapangan lebih luas dilakukan tehadap 30 siswa kelas IV SDN 1 Wonokerto. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media Audio-visual berbasis online (2) media Audio-visual berbasis online disusun dan dituangkan dalam bentuk video player, (3) hasil uji kelayakan atau kevalidan dalam produk media Audio-visual berbasis online dinyatakan sangat valid oleh validator dengan validasi ahli model menunjukkan skor persentase 91,07%, validasi ahli media menunjukkan skor persentase 76,25% serta validasi ahli materi menunjukkan skor persentase 92,85%, (4) kemenarikan produk diperoleh dari hasil angket respon siswa yang menunjukkan hasil respon siswa sebesar 98,41% dari 28 siswa yang belajar menggunakan media Audio-visual berbasis online, (5) hasil angket guru sebagai pengguna yang mendapatkan skor persentase 85%. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media Audio-visual berbasis online pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 3 pembelajaran 4 dapat dikatakan valid dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SD.
21345690/SB/2024 | KKI 372 NEO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain