Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Dobo Pada Masa Pandemi
Penelitian yang dilaksanakan di sekolah SD Negeri 6 Dobo pada kelas 5 yang terdiri dari 3 kelas, sebagian siswa masih memiliki motivasi yang rendah dalam pencapaian hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan sikap berbagai siswa yang ditunjukan ketika pembelajaran berlangsung. Dimana, siswa cenderung kurang memperhatikan pembelajaran, masih ada beberapa siswa yang berbicara dengan temannya, keaktifan ataupun antusias belajar siswa kurang serta banyak siswa yang menganggap mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran sulit dimengerti. Berdasarkan masalah yang ditemukan tersebut bahwa pengaruh motivasi terhadap hasil belajar masih rendah, maka peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitiannya itu Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 6 Dobo Pada Masa Pandemi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Metode ini dapat diperoleh dengan sesungguhnya yaitu tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel motivasi (X) dan hasil belajar (Y). Populasi siswa kelas 5 berjumlah 88 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner atau angket yang diberikan kepada siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 6 Dobo menunjukan bahwa motivasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA dimana skor angket motivasi yang tertinggi adalah 60, dan skor angket motivasi yang terendah adalah 45. Sedangkan untuk hasil belajar dalam penelitian ini diukur dengan indikator yaitu dari nilai ulangan harian yang diperoleh nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 70. Berdasarkan hasil penelitiannya terdapat pengaruh antara motivasi dengan hasil belajar IPA. Dengan motivasi siswa sebesar 60,2% dan hasil belajar sebesar 89,7%. Hal lainnya, dibuktikan dengan hasil uji tingkat hubungan korelasi antar variabel motivasi dengan hasil belajar yang memiliki nilai signifikannya 0,854 yang termasuk dalam kategori tingkat pengaruh sangat kuat. Semoga dengan hasil penelitian ini memberikan informasi yang penting bagi pihak sekolah, sehingga dapat mengambil kebijakan-kebijakan yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi.
21345693/SB/2024 | KKI 372 SEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain