Electronic Resource
Pengembangan Modul IPS Materi Keragaman Budaya Bangsaku Berbasis Pendekatan Sosial Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang memiliki banyak cangkupan, terutama pada materi keragaman budaya yang memiliki pembahasan luas dalam mempelajarinya. Hal itu membuat pembelajaran kurang efisien jika bergantung pada buku paket. Bahan ajar berupa modul IPS diperlukan untuk meningkatkan motivas belajar siswa. Modul dengan menggunakan pendekatan sosial merupakan cara mendekatkan peserta didik kepada lingkungan masyarakat disekitarnya.Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangakan modul IPS berbasis pendekatan sosial yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan juga melatih kepekaan siswa terhadap masyarakat sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis(analisys), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Intrumen pada penelitian ini menggunakan angket yaitu, angket validasi para ahli, angket kepraktisan guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari masukan dan saran para ahli. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Pada penelitian ini menghasilkan produk berupa modul IPS materi keragaman budaya bangsaku berbasis pendekatan sosial. pokok bahasan dalam modul ini yaitu, ragam suku, bahasa, rumah adat, pakaian adat, dan tarian adat. Kelayakan modul IPS dilihat dari hasil angket validasi materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,7% dengan kriteria “sangat layak”. Oleh ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 96,8% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan berdasar uji kepraktisan guru mendapat persentase rata-rata 95% “sangat baik”, dan hasil dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 93,5% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasar hasil penelitian tersebut bahwa Modul IPS Materi Keragaman Budaya Berbasis Pendekatan Sosial Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar dapat dipergunakan sebagai bahan ajar karena telah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, serta mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas V SD.
| 21345689/SB/2024 | KKI 372 SEP p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain