Electronic Resource
Pengembangan Modul Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) Kelas V Sd
Pembelajaran tematik ialah pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran kedalam suatu tema tertentu membutuhkan bahan ajar pendukung yang mudah dipahami dan menarik untuk membantu proses pembelajaran peserta didik. Modul merupakan bahan ajar yang dibuat secara terstruktur untuk memudahkan peserta didik dalam pembelajaran tematik. Kenyataannya guru tidak pernah mengembangkan atau menggunakan modul pendamping untuk tema-tema tertentu, bahan ajar yang digunakan tidak terdapat banyak gambar yang membuat peserta didik tertarik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan Pecahan berbasis Realistics Mathematic Education (RME) di kelas V SD. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ADDIE yang melalui lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Subjek peneliti ini merupakan siswa keas V SDN Kesatrian 2 Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dari hasi validasi menunjukkan bahwa Modul Operasi Hitung Perkaian dan Pembagian berbasis Realistic Mathematic EducationI dikelas V semester 1 memperoleh rata-rata presentase oleh ahli materi dan bahasa sebesar 84% dengan kategori “sangat valid”, ahli media sebesar 81% dengan kategori “sangat baik”,calon pengguna (guru)diperoleh presentase kepraktisan sebesar 84%dan diuji cobakan kepeserta didik diperoleh presentase 87% dengan kategori “sangat baik” , serta angket respon untuk guru dan siswa. Penerapan media dilakukan pada siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Malang.Dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar peserta didik agar menambah rasa percaya diri dan semangat peserta didik, karena dengan adanya pendekatan ini peserta didik dapat mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil tersebut, Modul Operasi Hitung Perkaian dan Pembagian berbasis Realistic Mathematic Education dikelas V dapat digunakan karena telah memenuhi kriteria layak dan praktis. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakan Modul Operasi Hitung Perkaian dan Pembagian berbasis Realistic Mathematic Education dalam pembelajaran dikelas sehingga dapat meningkatkan moivasi belajar siswa sehingga pembelajaran dapat bejalan efektif.
21345688/SB/2024 | KKI 372 UMI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain