Electronic Resource
Penerapan Model Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pgri 2 Lawang Malang
Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yaitu model pembelajaran Think Talk Write, dimana cara pembelajarannya dengan memberikan kesempatan berpikir, berdiskusi kelompok dan menuliskan hasil didkusi. Pada saat tahap berpikir (Think) siswa diharapkan terlebih dahulu membaca membaca dan memahami masalah yang ada pada LKK sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan siswa. Ketika memasuki tahap diskusi (Talk) siswa diharapkan berinteraksi dengan teman kelompok dan terlibat aktif untuk berdiskusi dan membahas isi LKK, sehingga pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan dan menimbulkan keaktifan dalam kelas. Hal ini berimplikasi positif terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya pada menulis (Write) siswa diminta untuk menuliskan hasil diskusi secara lengkap, jelas, dan mudah dibaca.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang Malang, (2) untuk mengetahui respon siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang-Malang terhadap penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang-Malang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 72% siswa pada nilai tindakan I menjadi 92% pada tindakan II dari total seluruh siswa 75 atau lebih, (2) siswa memberikan respon yang sangat positif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Dengan demikian model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkat hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang-Malang.
21345687/SB/2024 | KKI 510 HAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain