Electronic Resource
Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (Mic) Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar
Penelitian ini diambil dari permasalahan yang ada di Sekolah Dasar. Permasalahan di Sekolah Dasar peserta didik menganggap matematika sulit, sehingga tidak bisa memahami materi sifat-sifat bangun datar. Hal ini gurumasih menggunakan metode konvensional dan kurangnya memanfaatkan media sebagai alat peraga untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan MIC. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, pretest dan posttest. Lembar validasi ini disajikan kepada ahli materi dan ahli media. Angket disajikan kepada guru dan peserta didik. Sedangkan pretest dan postest dikerjakan oleh peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini guru kelas III dan peserta didik kelas III SDN 1 Tanggung Turen yang berjumlah 10
siswa.
Hasil penelitian MIC berbasis adobe flash dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media dengan perolehan skor 86,3% dan 93,8% dalam kategori sangat layak. penilaian kepraktisan melalui angket guru kelas III dan 10 peserta didik kelas III dengan perolehan skor masing-masing 93,8% dan 90,2% dalam kategori sangat baik. Keefektifan MIC berbasis adobe flash dilihat dari hasil pretest dan postest dengan perolehan skor 49,0% dan 84,0% dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, MIC berbasis adobe flash dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif.
21345682/SB/2024 | KKI 372 EGI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain