Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Card Quiz Pada materi Limas
Media pembelajaran adalah alternatif untuk mempermudah penyampaian suatu materi. Peserta didik sering kali kesulitan dalam menentukan rumus dari bangun ruang karena bentuknya yang terlihat abstrak, untuk mempermudah penyampaian materi ini, dapat menggunakan media manipulatif Pop-up book, selain itu media ini dapat dikembangkan dengan menambahkan card quiz untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, layak dan efektif.
Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Ibnu Rusyd Dampit yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analisis terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakter peserta didik, dan analisis media pembelajaran. Selanjutnya tahap desain merupakan perancangan kerangka media Pop-up book serta penyusunan instrumen penilaian media Pop-up book. Selanjutnya mengembangkan media pop-up book sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Penilaian ahli desain dan ahli materi, serta revisi media pop-up book sesuai dari masukkan para ahli juga dilakukan
ditahap pengembangan. Tahap implementasi dilakukan dengan melakukan uji lapangan terbatas dan uji lapangan lebih luas. Kelebihan dan kekurangan dari media pop-up book berbasis card quiz akan menjadi tahap evaluasi terhadap media ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) sangat valid dari ahli desain dan ahli media dengan skor sebesar 3,57 dan 3,84.
b) sangat layak, dengan skor penilaian angket respon peserta didik sebesar 100% pada uji coba lapangan terbatas dan 90,91% pada kriteria sangat layak, 4,45% pada kriteria layak dan 4,45% pada kriteria cukup layak, berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan media “sangat layak” pada uji coba lapangan lebih luas. c) sangat efektif, dengan presentase ketuntasan peserta didik sebesar 83,3% pada uji lapngan terbatas serta 86,36% pada uji lapangan lebih luas. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book berbasis card quiz yang dikembangan sangat valid, layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman peserta didik
21345678/SB/2024 | KKI 510 DEV p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain