Electronic Resource
Pengembangan Media Pokar (Potongan Kardus) Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dasar Kelas Ii Sd Kartika Iv – 1 Kota Malang
Hasil observasi di SD Kartika IV-1 Kota Malang, menunjukkan bahwa media pembelajaran khususnya matematika materi perkalian masih belum ada medianya oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika dengan materi konsep dasar perkalian kelas II SD Kartika IV – 1 Kota Malang dan mengetahui kelayakan media pokar (potongan kardus) pada pembelajaran matematika materi perkalian kelas II.
Pengembangan media pokar (potongan kardus) menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti pengembangan media pokar (potongan kardus) hanya meneliti pada tahap uji lapangan luas. Uji kelayakan media dilakukan kepada ahli materi yaitu pada dosen yang ahli dibidang materi matematika, ahli media yaitu kepada dosen yang ahli pada bidang media, dalam uji kepraktisan media pokar (potongan kardus) yaitu dengan melihat respon yang diberikan oleh guru / calon pengguna dan siswa SD Kartika IV -1 Kota Malang, dan Keefektifan dilihat dari hasil tes belajar siswa.
Hasil pengembangan ini didapatkan dari hasil uji kelayakan media, kepraktisan, dan kefektifan. Hasil penskoran dari ahli media adalah 95% , hasil validasi ahli materi hasil penskorannya mendapatkan 87% dari hasil uji kelayakan media pokar (potongan kardus) dapat dikatakan “sangat valid”. Hasil dari kepraktisan dari calon pengguna / guru medapat rata-rata skor 93%dan kepraktisan dari siswa kelas II SD Kartika IV -1 Kota Malang mendapat rata-rata skor sebanyak 90% Hasil keefektifan media pokar (potongan kardus) mendapat rata-rata skor yaitu 90%
Uji lapangan luas media pokar (potongan kardus) dapat dikatakan “sangat valid” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi matematika. Peneliti dan pengembangan media pokar (potongan kardus) ini juga dapat digunakan sebagai rujukan untuk peneliti selanjutnya, untuk meneliti pada tahap uji lapangan oprasional.
21345673/SB/2024 | KKI 372 ARI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain