Electronic Resource
Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Tatap Muka Terbatas (Studi Di SMP Negeri 1 Kepanjen)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran selama
adanya wabah Covid-19. Pembelajaran di era pandemic dengan mengharuskan segala kegiatan dilakukan tidak berkelompok. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh kualitas Pendidikan di tinjau pada saat pandemic covid mengalami penurunan. Sejalan dengan berkembangnya interntet membuat strategi pembelajaran bergeser dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi slaah satunya Blended Learning. Model pembelajaran dengan menggabungkan dua model pembelajaran daring dan luring dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan hasil belajar, serta meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif narasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kepanjen. Sampel peserta penelitian 3 peserta didik dengan jumlah siswi perempuan 2 dan 1 siswa laki-laki, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan 1 Guru Mata Pelajaran PPKn. Metode penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas siswa termotivasi untuk lebih giat dalam belajar. Pembentukan karakter menjadi lebih baik dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas dengan pantauan langsung dari guru. Dan dapat merubah pola pikir siswa yang telah lama melakukan pembelajaran full daring.
21344952/SB/2022 | KKI 371.114 ALP e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain