Electronic Resource
Pengembangan Permainan Puzzle Awan Berbasis Android Dalam Pembelajaran FPB Dan KPK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan puzzle awan berdasarkan aspek kevalidan, kelayakan dan keefektifan. Permainan puzzle awan merupakan sebuah media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Permainan puzzle awan berisi materi FPB dan KPK yang mempelajari mengenai pengertian dan langkah – langkah menentukan FPB dan KPK.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran ini melalui 5 tahap: (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini melibatkan 19 peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Wagir dan 9 peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Wagir sebagai subyek uji coba permainan puzzle awan, serta dosen dan guru sebagai ahli validator permainan puzzle awan. Angket validasi digunakan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran untuk menguji kevalidan permainan puzzle awan, angket respon pengguna (guru dan siswa) digunakan untuk menguji kelayakan dan keefektifan permainan puzzle awan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi materi 3,5, hasil validasi media 3,53 dan hasil validasi pembelajaran 3,75 dengan kategori “sangat valid”. (2) Hasil kelayakan permainan puzzle awan pada respon pengguna (guru) 3,92, hasil respon pengguna siswa uji coba lapangan terbatas 3,78 dan hasil dari angket respon pengguna siswa uji coba lapangan luas 3,52 dengan kategori “sangat layak”. (3) Hasil keefektifan permainan puzzle awan pada respon pengguna (guru) 3,92, hasil respon pengguna siswa uji coba lapangan terbatas 3,78 dan hasil dari angket respon pengguna siswa uji coba lapangan luas 3,52 dengan kategori “sangat efektif”.
21344934/SB/2022 | KKI 510 AGN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain