Electronic Resource
Pengaruh Kemampuan Inovasi Guru Terhadap Keefektifan Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang
Efektifitas menunjukkan ketercapaian sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Dalam rangka mewujudkan sekolah yang efektif dan berkualitas maka peranan guru sangat menentukan keberhasilan tercapainya keefektifan dan kualitas sekolah. Inovasi pendidikan merupakan upaya dasar untuk memperbaiki aspek-aspek pendidikan agar lebih efektif dan efisien. Apalagi di masa teknologi informatika yang berkembang sangat pesat seperti saat ini, seorang guru tidak boleh gaptek. Guru harus lebih berinovasi dalam melakukan pembelajaran guru dituntut memberikan inovasi baru dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan pengaruh kemampuan inovasi guru terhadap keefektifan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang banyak menggunakan angka-angka, mulai dari mengumpulkan data, penafsiran terhadap data yang diperoleh, serta pemaparan hasilnya. Teknik analisis menggunakan uji regresi linier sederhana dibantu dengan program komputer SPSS 22 For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan inovasi guru terhadap keefektifan sekolah. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis regresi linier sederhana. Dari olahan data diperoleh konstanta (a) = 44.414 menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, apabila variabel bebas (Kemampuan Inovasi) = 0 maka Keefektifan Sekolah sebesar 44.414. Koefisien regresi Kemampuan Inovasi (X) sebesar 0.838. Hal ini mengandung arti bahwa adanya pengaruh signifikansi antara kemampuan inovasi guru terhadap keefektifan sekolah dasar negeri kota Malang.
21345669/SB/2023 | KKI 372 ADI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain