Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Sukun 3 Kota Malang

Electronic Resource

Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Sukun 3 Kota Malang

Melania Kan - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, S.Pd. M.Pd, - Nama Orang; Denna Delawanti C., S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Keterampilan mengajar merupakan fondasi atau dasar guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sebagai seorang motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar. Dalam upaya pemberian motivasi, guru dapat menganalisis motif-motif yang melatar belakangi anak didik malas belajar dan menurunnya prestasinya di sekolah. Setiap saat guru harus bertindak sebagai motivator, karena dalam interaksi edukatif tidak mustahil ada diantara anak didik yang malas belajar dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketrampilan dasar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yang ditelitimenggunakan SPSS 23.0 for windows. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel ketrampilan dasar guru (X) dan motivasi belajar (Y). Sampel yang diambil dalam peneliti ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel ketrampilan dasar guru (X) sebesar 0,792 menunjukkan apabila terjadi peningkatan ketrampilan dasar guru (X) maka akan kenaikan variabel motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,792. Hasil penelitian ini diperoleh untuk ttabelsebesar 1,667 arena nilai thitung > ttabel (14,307 > 1,667) dan signifikansi < 0,05 (0,013< 0,05) menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ketrampilan dasar guru terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MEL p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 82hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Skripsi
Keterampilan Dasar Mengajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Sukun 3 Kota Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik