Electronic Resource
Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Sukun 3 Kota Malang
Keterampilan mengajar merupakan fondasi atau dasar guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sebagai seorang motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar. Dalam upaya pemberian motivasi, guru dapat menganalisis motif-motif yang melatar belakangi anak didik malas belajar dan menurunnya prestasinya di sekolah. Setiap saat guru harus bertindak sebagai motivator, karena dalam interaksi edukatif tidak mustahil ada diantara anak didik yang malas belajar dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketrampilan dasar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yang ditelitimenggunakan SPSS 23.0 for windows. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel ketrampilan dasar guru (X) dan motivasi belajar (Y). Sampel yang diambil dalam peneliti ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel ketrampilan dasar guru (X) sebesar 0,792 menunjukkan apabila terjadi peningkatan ketrampilan dasar guru (X) maka akan kenaikan variabel motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,792. Hasil penelitian ini diperoleh untuk ttabelsebesar 1,667 arena nilai thitung > ttabel (14,307 > 1,667) dan signifikansi < 0,05 (0,013< 0,05) menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ketrampilan dasar guru terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V SDN Sukun 3 Kota Malang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain