Electronic Resource
Pengembangan E-Evaluation Berbasis Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
E-Evaluation adalah alat ukur hasil belajar siswa berbasis elektronik yang dibuat melalui desktop komputer, notebook, maupun smartphone. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan alat evaluasi pembelajaran berbasis nilai-nilai karakter dengan bantuan media interaktif yaitu Quizziz yang layak dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk mengukur kelayaan, dan kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan mencakup teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. E-Evaluation berbasis nilai-nilai karakter pada pembelajaran tema 6 subtema 3 untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang dihasilkan memenuhi kriteria : a) Layak, dengan rata-rata perolehan presentase dari tiga validator sebesar 94,58%; b) Praktis, dengan rata-rata perolehan presentase angket respon oleh guru dan siswa sebesar 95,28%. Berdasarkan hasil tersebut, E-Evaluation berbasis nilai-nilai karakter di kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan menyenangkan.
21345664/SB/2023 | KKI 372 LIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain