Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Geografi Kelas XI Di SMA Islam Diponegoro Wagir Tahun Pelajaran 2019/2020

Electronic Resource

Pengaruh Penerapan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Geografi Kelas XI Di SMA Islam Diponegoro Wagir Tahun Pelajaran 2019/2020

Gregorianan Roniar Inda - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd. - Nama Orang;

Treffinger merupakan salasatu dari banyak model pembelajaran yang secara khusus menangani kemampuan berpikir kreatif. Dalam penelitian ini, model Treffinger digunakan untuk melatih siswa dalam berpikir kreatif melalui teknikteknik kreatif. Mulai dari teknik yang sederhana pada tingkat pertama hingga yang majemuk melalui pemecahan masalah kreatif. (PMK) pada tingkat ketiga. Kreativitas bagi siswa sebagai salasatu saran untuk aktualisasi diri.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir Tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu berpikir kreatif dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Treffinger. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan tes Essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 For Windows.
Berdasarkan selisi nilai pretest dan posttest, rata-rata gain score kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 27,33 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 11,5. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan independent sample t test diporeh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p


Ketersediaan
2129984A/SB/2019KKI 910 IND p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 IND p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
cv, 149 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Berpikir Kreatif
Model Pembelajaran Treffinger
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik