Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Geografi Kelas XI Di SMA Islam Diponegoro Wagir Tahun Pelajaran 2019/2020
Treffinger merupakan salasatu dari banyak model pembelajaran yang secara khusus menangani kemampuan berpikir kreatif. Dalam penelitian ini, model Treffinger digunakan untuk melatih siswa dalam berpikir kreatif melalui teknikteknik kreatif. Mulai dari teknik yang sederhana pada tingkat pertama hingga yang majemuk melalui pemecahan masalah kreatif. (PMK) pada tingkat ketiga. Kreativitas bagi siswa sebagai salasatu saran untuk aktualisasi diri.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir Tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu berpikir kreatif dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Treffinger. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan tes Essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 For Windows.
Berdasarkan selisi nilai pretest dan posttest, rata-rata gain score kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 27,33 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 11,5. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan independent sample t test diporeh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p
| 2129984A/SB/2019 | KKI 910 IND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain