Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV SDN Karangduren III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, Tahun Ajaran 2021/2022
Ditengah Pagebluk Pandemi Covid-19, sebagai konsekuensi logisnya seluruh lembaga pendidikan termasuk Sekolah Dasar diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran dengan metode dalam jaringan (daring). Berdasarkan hasil pengamatan dan studi kepustakaan terhadap fenomena yang terjadi selama proses pembelajaran daring bahwa pembelajaran daring sendiri tidak sedikit memberikan dampak yang sangat serius bagi kelangsungan hidup dan aktivitas manusia. Hambatan-hambatan atau kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru sangat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa, terganggu psikis dan mental siswa. Stabilitas emosi siswa tentu sangat perlu untuk diperhatikan dan dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional Siswa kelas IV SDN Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Pembelajaran daring. Sedangkan variabel terikatnya adalah
Kecerdasan Emosional Siswa. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangduren III, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malaang, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji heterokedastitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV SDN Karangduren III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Pengambilan keputusan ini didasarkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai Thitung Variabel X sebesar 7,682 > 1,692 nilai Ttabel dengan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Artinya, bahwa Ho ditolak Ha di terima. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan oleh pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional siswa Kelas IV SDN Karangduren III Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
21345662/SB/2023 | KKI 372 IGN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain