Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 5 Berbasis Inkuiri Terbimbing.
Proses pembelajaran tematik di kelas IV mengacu pada kurikulum 2013. Dalam pelaksaannya di kelas belum didukung bahan ajar berupa modul selain buku dari pemerintah dan LKS yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik dengan pendekatan kurikulum 2013 berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), dan kelayakan modul tema 5 Pahlawanku subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku serta mengangkat tokoh pahlawan lokal (Untung Suropati). Modul dikembangkan dengan model desain pembelajaran Model penelitian pengembangan Model pengembangan perangkat Four-D Model yang disarankan oleh Thiagarajan dkk. (1974). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Uji validasi dengan ahli materi, bahasa dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layak digunakan. Hasil penilaian kevalidan dilakukan kepada 3 ahli yaitu ahli bahan ajar/materi, bahasa, dan multimedia dengan perolehan skor untuk ahli materi sebesar 95,5% yang dikategorikan “Sangat Baik”, ahli bahasa memperoleh skor sebesar 88,4% yang berarti “Baik”, ahli media/kegrafikaan sebesar 88,3% yang berarti “Baik”. Dengan demikian modul pembelajaran tematik kelas IV tema 5 subtema 2 berbasis inkuiri terbimbing layak dipergunakan dalam pembelajaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain