Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 5 Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 5 Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Dwi Hening Kusumantoro Putro - Nama Orang; Dr. Triwahyudianto,S.Pd, M.Si. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati,SS, M.Pd. - Nama Orang;

Proses pembelajaran tematik di kelas IV mengacu pada kurikulum 2013. Dalam pelaksaannya di kelas belum didukung bahan ajar berupa modul selain buku dari pemerintah dan LKS yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik dengan pendekatan kurikulum 2013 berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), dan kelayakan modul tema 5 Pahlawanku subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku serta mengangkat tokoh pahlawan lokal (Untung Suropati). Modul dikembangkan dengan model desain pembelajaran Model penelitian pengembangan Model pengembangan perangkat Four-D Model yang disarankan oleh Thiagarajan dkk. (1974). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Uji validasi dengan ahli materi, bahasa dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layak digunakan. Hasil penilaian kevalidan dilakukan kepada 3 ahli yaitu ahli bahan ajar/materi, bahasa, dan multimedia dengan perolehan skor untuk ahli materi sebesar 95,5% yang dikategorikan “Sangat Baik”, ahli bahasa memperoleh skor sebesar 88,4% yang berarti “Baik”, ahli media/kegrafikaan sebesar 88,3% yang berarti “Baik”. Dengan demikian modul pembelajaran tematik kelas IV tema 5 subtema 2 berbasis inkuiri terbimbing layak dipergunakan dalam pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 DWI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 76hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Modul
Inkuiri Terbimbing
Pembelajaran Tematik
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 5 Berbasis Inkuiri Terbimbing.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik