Electronic Resource
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Keefektifan Sekolah Dasar Negeri Di Kota Malang.
Berdasarkan Undang-Undang Pendidikan No 20 Tahun 2003, bahwa Pendidikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi perannya dimasa yang akan datang selalu menjadi perhatian bahkan tidak jarang kepuasan. Sasaran ketidakpuasan menyangkut kondisi kehidupan dan intervensi. Guru merupakan salah satu penggerak di dalam sebuah instansi pendidikan. Guru merupakan garda terdepan terhadap perubahan zaman. Selain itu hak tersebut salah satu faktor yang mendasari bahwa sekolah dasar harus dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi sekolah dasar yang bermutu dan efektif. Sehingga pendidikan di Indonesia tidak kalah kualitas dan kuantitas dengan pendidikan pada negara lain dan mampu
berdaya saing baik secara global maupun Internasional di dalam dunia pendidikan. Di era new normal seperti saat ini bukan lagi sebuah halangan bagi guru yang
memiliki kecerdasan emosional yang tinggi seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman di era industri 4.0. Penelitian ini berfokus pada: (1) kecerdasan emosional (2) keefektifan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional guru sekolah dasar negeri di Kota Malang, mendeskripsikan keefektifan sekolah dasar negeri di Kota Malang dan menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap keefektifan sekolah dasar negeri di Kota Malang. Penelitian ini bertempat di SDN Ksatriyan 2 Kota Malang, SDN Blimbing 2 Kota Malang, SDN Blimbing 4 Kota Malang, SDN Polowijen 2 Kota Malang, SDN Sukun 2 Kota Malang, megggunakan pendekatan korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif serta dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan angket yang berbentuk kuisioner. Populasi nya yaitu guru PNS di SD negeri Kota Malang dengan sampel berjumlah 30 responden. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru sekolah dasar negeri di Kota Malang dalam kategori yang baik dengan rata-rata skor 125,38 untuk variabel X dan keefektifan sekolah dasar negeri di Kota Malang dalam kategori yang sangat baik diperoleh dengan rata-rata Skor 134,94 untuk variabel Y. Sedangkan untuk uji regresi sederhana yaitu nilai R square diperoleh sebesar 0,441 = 44,1 % menjelaskan bahwa kecerdasan emosional guru berpengaruh positif signifikan terhadap keefektifan sekolah dasar negeri di Kota Malang. Apabila guru memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka saat guru memberikan penjelasan materi dalam hal belajarnya akan membantu meningkatkan keefektifan sekolah. v vi Jika guru mengalami kendala dalam batinnya, maka akan mengganggu tugas yang di embannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain