Electronic Resource
Pengembangan Modul IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas VI Tema 8 Sub Tema 2.
Tema 8 sub tema 2 merupakan materi yang sangat penting untuk dipelajari karena dapat mendorong siswa untuk belajar secara aktif, kreatif dan membuat siswa memecahkan masalah pada pelajaran. Pendekatan Saintifik sangat tepat digunakan untuk membelajarkan materi tersebut. Dengan pendekatan saintifik siswa diajak untuk aktif, kreatif, dapat memecahkan masalah, dan memberikan pemahaman pada siswa dalam mengetahui, memahami serta mempraktikan apa yang dipelajari secara ilmiah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan modul, serta mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembagan dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek ujicba pada penelitian ni adalah siswa kelas VI SDN Bandulan 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dkumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi serta caln pengguna (guru) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas VI SDN Bandulan 3 sebanyak 5 siswa. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah modul IPA berbasis pendekatan saintifik pada tema 8 sub tema 2. Hasil dari penelitian ini sesuai model 4D yang dimana tahap dalam model ini adalah pendefinisan (Define), perancangan (Design), pengembangan (develop) dan penyebaran (Dessiminate). Tahap pendefinisan mencakup dua tahapan yaitu wawancara dan analisis kebutuhan. Tahap perancangan melalukan pengumpulan refrensi serta perancangan modul. Tahap pengembagan dilihat dari penilaian ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Tahap penyebaran dilakukan secara terbatas pada sekolah dasar di SDN Bandulan 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa presentase hasil validasi kelayakan ahli media memiliki presentase 93,7% dengan kategori sangat layak, hasil yang diperoleh ahli bahasa sebesar 84% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi 76,5% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan guru memiliki presentase 94,1% dan penilaian dari 5 siswa yang memperoleh presentase 83,3%. uji keefektifan memilki vii rata-rata nilai keseluruhan 80 dengan kriteria efektif. Berlandaskan dari perolehan data tersebut, modul pendekatan saintifik layak, praktis dan efektif untuk digunakan siswa sekolah dasar kelas VI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain