Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Electronic Resource

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan game war in class untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TALIWANG

Eka Wijayanti - Nama Orang; Dr. I Ketut Suastika, M. Si - Nama Orang; Vivi Suwanti, S.Si.M.Pd - Nama Orang;

Kegiatan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi membuat siswa merasa bosan, tidak menarik sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Misalnya pada SMA Negeri 1 Taliwang, khususnya kelas XI IPA 2, pembelajaran masih menggunakan metode konvensial dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan kondisi seperti ini, maka diperlukan metode pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2. Dari hal tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Dengan metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasilbelajar siswa. Adpun tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan diskripsi pembelajaran melalui Teams Games Tournaments (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Taliwanfg. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, dan (3) tes, dan(4) dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, catatan lapangan, wawancara serta analisis data yang digunakan yaitu: mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) catatan lapangan dan 4) wawancara. Dari tes belajar siswa dapat dilihat pada hasil nilai tes akhir siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 siswa dari 36 siswa, sehingga presentase siswa yang tuntas sebesar 22,22% dan presentase siswa yang tidak tuntas belajar sebear 77,78% dengan nilai rata-rata kelas 66,67. Dan hasil analisis nilai tes akhir siklus II menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa dari 36 siswa, sehingga presentase siswa yang tuntas sebesar 75% dan presentase siswa yang tidak tuntas belajar sebesar 25% dengan nilai rata-rata kelas 83,07. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembeajaran Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada pelaksanaan siklus I presentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66,67%, sedangkan pada pelaksanaan siklus II presentase rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 83,07%. Dengan demikian berdasarkan kriteria penilaian hasil belajar, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah memahami materi yang telah dipelajari. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi program linier dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 EKA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 160hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Teams Games Tournaments (TGT)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik