Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Tema 4 Subtema 1 Berbasis Android Kelas III Sekolah Dasar.
Penelitian ini melatar belakangi penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelasmasih belum efektif, khususnya dalam pembelajaran tematik untuk digunakan secara praktis dan mandiri. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran peranannya sangat penting dan bermanfaat bagi kebutuhan pembelajaran berbasis elektronik terutama pada masa pandemi covid-19 saat ini. Mengacu pada permasalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan E-Modul tema 4 subtema 1 berbasis android kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, antara lain: (1) Tahap Analysis (Analisis) meliputi analisis studi lapangan dan analisis kurikulum, (2) Tahap Design (Desain/Perancangan) meliputi perancangan media pembelajaran, (3) Tahap Development (Pengembangan) meliputi pengembangan media pembelajaran dan validasi media, materi dan bahasa, (4) Tahap Implementation (Implementasi) meliputi uji coba produk kepada pengguna (guru wali kelas III dan peserta didik kelas III), dan (5) Tahap Evaluation (Evaluasi) meliputi umpan balik dari pengguna. Subjek uji coba produk ini yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli dan calon pengguna (guru kelas III dan 10 peserta didik kelas III SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok). Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dengan wawancara, masukan, tanggapan, kritik, dan saran serta kuantitatif dengan hasil pensekoran penilaian lembar validasi oleh ahli validator (ahli media, vi ahli materi dan ahli bahasa) serta angket yang diberikan oleh ahli dan calon pengguna (guru wali kelas III dan peserta didik kelas III di SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok). Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 75% dengan kategori “valid”. Validasi ahli materi memperoleh persentase 87,5% dengan kategori “sangat valid”. Validasi ahli bahasa memperoleh persentase 81,25% dengan kategori “sangat alid”. Sedangkan hasil angket pada ahli pengguna yaitu guru wali kelas III memperoleh persentase 94,6% dengan kategori “sangat valid” dan uji coba lapangan terbatas terhadap respon peserta didik diperoleh persentase 99,75% dengan kategori “valid/layak”. Dengan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli pengguna, dan calon pengguna maka media pembelajaran E-Modul Tema 4 Subtema 1 Berbasis Android Kelas III Sekolah Dasar dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 saat ini.
21345657/SB/2023 | KKI 372 MEY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain