Electronic Resource
Analisis Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar Se-Malang Raya
Literasi informasi saat ini di kalanggan peserta didik tergolong rendah, karena hilangnya budaya baca dan kemampuan memahami isi bacaan. Permasalahan yang sering terjadi di satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar SeKota dan Kabupaten Malang adalah seberapa jauh tingkat literasi informasi siswa Sekolah Dasar Se-Malang Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat literasiinformasi pada peserta diik Se-Malang Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif survei. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V sekolah dasar di 19 Sekolah Dasar Kota dan Kabupaten Malang dengan menggunakan instrumen tes dan dokumentasi guna mengetahui seberapa jauh tingkat literasi informasi siswa sekolah dasar di Kota dan Kabupaten Malang. Data dari hasil penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS Versi 1.19.4 for Windows. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, tingkat kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar Se-Kota dan Kabupaten Malang di ukur berdasarkan dengan enam indikator. . 1) Mengakses dan mengambil informasi dari teks total rata-rata sebesar 6,82; 2) Mengintegrasikan informasi yang dibaca total rata-rata sebesar 6,56; 3) Menafsirkan informasi yang dibaca total rata-rata sebesar 4,72; 4) merefleksikan teks dan menghubungkan dengan pengalaman sehari hari total rata-rata sebesar 4,1; 5) mengevaluasi teks dengan total rata-rata 4,14; 6) Mengkomunikasikan dengan jumlah rata – rata 4,43.
21345659/SB/2023 | KKI 372 BAY a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain