Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Number Head Togerher (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang
Penelitian ini membahas hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Number Head Togerher (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada aktivitas belajar siswa, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan NHT. Pendekatan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah siswa kelas V dan guru kelas V. Prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dilakukan triangulasi teknik dan ketekunan pengamatan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Number Head Together (NHT). Siswa terlihat aktif terhadap model pembelajaran Number Head Together (NHT) juga siswa bisa diajarkan untuk berpikir kritis, kreatif, sehingga siswa bisa mampu berpendapat. Aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Number Head Togethper (NHT) di SDN Bakalan Krajan 1 berjalan dengan baik siswa tidak hanya menulis dan mendengarkan tetapi siswa aktif bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab kedepan soal yang diberikan guru, saling bekerja sama antar kelompok, dan saling membantu teman yang belum paham dengan materi. Faktor pendukung pembelajaran dengan model pembelajaran NHT di SDN Bakalan Krajan 1 ini mulai dari persiapan perangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru sebelum pembelajaran di mulai, sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai di sekolah sehingga memudahkan dan membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas.
21345655/SB/2023 | KKI 372 MEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain