Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Kasri 02 Bululawang Malang
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu mata pelajaran yang penting dalam membangun pengetahuan siswa tentang ilmu sosial yang ada di masyarakat. Pada pembelajaran IPS dibutuhkan model yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satunya adalah model Inside Outside Circle (IOC), yang memiliki keunggulan yaitu siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV semester II SDN Kasri 02 Bululawang Malang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kasri 02 Bululawang Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 48 siswa dengan rincian kelas IV A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa test. Data yang diperoleh dianalisis software SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai t sebesar 2.134 dan nilai probabilitas (sig 2-tailed) sebesar 0.044 yang berarti lebih kecil dari signifikan 0.05. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Kasri 02 Bululawang Kabupaten Malang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain