Electronic Resource
Efektifitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada pembelajaran tematik muatan IPA di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang
Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberi pengalaman yang bermakna pada siswa. Salah satu muatan dalam pembelajaran tematik adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam hal ini tentunya terdapat kemampuan berpikir yang harus dikuasai oeh siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif pada siswa, untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah “ untuk mengetahui perbedaan siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadapkemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang” Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Design dalam penelitian ini menggunakan Noneequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitianini adalah siswa kelas IV A sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% , menunjukkan bahwa nilai sig 2 (tailed) sebesar 0,000 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampaun berpikir kreatif siswa. Sedangkan pada hasil anailisis uji Index Gain diperoleh niai g pada kelompok kelas eksperimen sebesar 0,4 dan kelompok kelas kontrol sebesar 0,2 (cukup efektif). Artinya pada kelompok kelas eksperimen terdapat peningkatan dari kelompok kelas kontrol. Sehingga model pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampaun berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA SD di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang tahun pelajaran 2018/2019.
21345653/SB/2023 | KKI 372 FIT e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain