Electronic Resource
Pengaruh Media Pembelajaran Takalintar Berbantuan Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang.
Dalam pembelajaran matematika ada beberapa kendala, salah satunya adalah siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena merasa bosan dan kurang tertarik dengan media dan model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi kendala tersebut, penggunaan media Takalintar berbantuan model Teams Games Tournament (TGT) dirasa tepat. Mengingat media Takalintar dapat mempermudah siswa memahami materi perkalian, dan model Teams Games Tournament dapat menumbuhkan semangat siswa melalui games dan turnamen. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh media pembelajaran Takalintar berbantuan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 dan kelas IV C sebagai kelas kontrol berjumlah 28. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berjumlah 10. Analisis penelitian menggunakan Independent Sampel T Test dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPPS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil Uji Ttest menunjukkan nilai sig.2 (tailed) sebesar 0,021 < 0,05, yang artinya Ho ditolak atau Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Takalintar berbantuan model Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang.
21345652/SB/2023 | KKI 372 YUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain