Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.
Peran media dalam pembelajaran matematika dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Media ular tangga pintar dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 kota Malang. Penelitian ini merupakan eksperimen menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang, sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 31 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dan Instrumen pembelajaran yang berupa (RPP dan Silabus). Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengungujian hipotesis menggunakan independent sample t-test, penghitungan data diolah dengan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan nilai signifikan t sebesar 4,164 dan nilai probabilitas (sig 2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti > 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media Ular Tangga Pintar dengan konvensional pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar di kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Manfaat penggunaan media ular tangga di SD dapat meningkatkan kerja sama antar kelompok, meningkatkan motivasi belajar, serta menciptakan suasan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
21345654/SB/2023 | KKI 372 WAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain