Electronic Resource
Pengembangan E-modul TematikBerbasis Inquiry Menggunakan Aplikasi Software Lectora Inspire Pada Pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Kelas IV.
Kenyataan disekolah para pendidik masih belum memanfaatkan secara maksimal suatu peranan teknologi untuk mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hal ini dapat mengakibatkan siswa kurang tertarik malas dan bosan mempelajari pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan E-modul berbasis Inquiry menggunakan aplikasi Software Lectora Inspire yang layak dan praktis pada tema 5 Subtema 2 pahlawanku Kebanggaanku sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Develop), Impementasi (Implement) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Margomulyo sejumlah 16 siswa. Instrumen penelitian pengumpulan data ini menggunakan angket kelayakan dan kepraktisan yang telah melalui tahap validasi oleh dua ahli yaitu ahli materi, ahli media dan praktisi (guru) kemudian diujicobakan kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa E-modul berbasis Inquiry menggunakan aplikasi Software Lectora Inspire memperoleh skor ahli media sebesar skor 94% dengan kategori sangat valid, ahli materi memperoleh skor 77,7% dengan kategori cukup valid, oleh praktisi (guru kelas IV) dan memperolehskor 75% dengan kategori cukup valid, penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan 81,5%. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas, E-modul berbasis Inquiry menggunakan aplikasi Software Lectora Inspire “Sangat Valid” dan “Sangat Baik” digunakan di lapangan. Hasil pengembangan E-modul berbasis Inquiry menggunakan aplikasi Software Lectora Inspire ini dapat digunakan untuk membantu peserta didik belajar lebih mandiri dan memberikan referensi bagi peneliti lainnya dalam mengembangkan E-modul pembelajaran yang kreatif.
| 21345647/SB/2023 | KKI 372 DEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain