Electronic Resource
Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Siswa Kelas V SDN Percobaan 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019
Berdasarkan hasil observasi di SDN Percobaan 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019, diketahui bahwa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat sibuk, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Guru lebih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa belum maksimal untuk menguasai konsep dasar dalam pembelajaran tematik. Penulis tertarik untuk menerapkan metode brainstorming dalam pembelajaran dikelas dengan harapan adanya pengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode brainstorming, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pada pembelajaran tematik. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V C sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel ini menggunakan teknik random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu sendiri. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang. Hal ini menunjukan dengan hasil uji One Sample Independent yaitu thitung ttabel(8,123 2,001) pada taraf signifikansi 0,05 (0,00 0,05) artinya, bahwa Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode brainstorming terhadap hasil belajar tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penulis memberikan saran kepada guru agar menggunakan metode brainstorming dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena metode brainstorming lebih akfektif terhadap hasil belajar siswa dibanding metode yang bisa digunakan guru yaitu ceramah dan tanya jawab.
21345645/SB/2023 | KKI 372 ARE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain