Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Kartu Tancap Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar
Berdasarkan hasil observasi di SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar, pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung pasif berbicara, sehingga kemampuan mengembangkan jawaban dalam pemecahan permasalahan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan media kartu tancap terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas III SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 50 siswa. Dengan sampel penelitian sejumlah 25 siswa berada di kelas IIIA dan 25 siswa berada di kelas IIIB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami peningatan yang signifikan. Nilai terendah saat pretest yaitu 35, nilai tertingginya yaitu 60. Pada nilai posttest nilai terendahnya yaitu 65, nilai tertingginya yaitu 90. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai terendah pada saat pretest yaitu 35, nilai tertingginya yaitu 55. Pada nilai posttest nilai terendahnya yaitu 40, nilai tertingginya yaitu 60. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai yang diperoleh sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan nilai signifikasi yang diperoleh dari uji t dan diketahui bahwa nilai tersebut dibawah nilai 0,005 (0,000
21345646/SB/2023 | KKI 372 ARD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain