Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 5 Pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 2 Malang
Hasil Observasi dikelas XI IPS 5 SMAN 2 Malang diketahui keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya Keaktifan Belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 mata pelajaran Geografi dengan persentase 30,55%. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan pemahamaman siswa terhadap materi potensi sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang bertujuan merangsang siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) model kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Malang siswa dikelas XI IPS 5 Tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 siswa yaitu 18 laki-laki dan 19 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antaralain: lembar Observasi Keaktifan, Keterlaksanaan Tes, dan catatan Temuan lapangan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada siklus I Persentase Keaktifan 74% Kategori Aktif, persentase hasil belajar 61,11% dengan nilai rata-rata 75 kategori cukup baik. Siklus II Persentase Keaktifan 80% kategori sangat aktif, persentase hasil belajarnya 89% dengan rata-rata 81 kategori sangat baik. Peneliti berharap guru SMAN 2 Malang dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
| 21345447s/SB/2023 | KKI 910 NUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain