Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 5 Pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 2 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 5 Pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 2 Malang

Paulus Egalis Nurak - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah., S.Pd, M.Pd. - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd. - Nama Orang;

Hasil Observasi dikelas XI IPS 5 SMAN 2 Malang diketahui keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya Keaktifan Belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 mata pelajaran Geografi dengan persentase 30,55%. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan pemahamaman siswa terhadap materi potensi sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang bertujuan merangsang siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) model kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Malang siswa dikelas XI IPS 5 Tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 siswa yaitu 18 laki-laki dan 19 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antaralain: lembar Observasi Keaktifan, Keterlaksanaan Tes, dan catatan Temuan lapangan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada siklus I Persentase Keaktifan 74% Kategori Aktif, persentase hasil belajar 61,11% dengan nilai rata-rata 75 kategori cukup baik. Siklus II Persentase Keaktifan 80% kategori sangat aktif, persentase hasil belajarnya 89% dengan rata-rata 81 kategori sangat baik. Peneliti berharap guru SMAN 2 Malang dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
21345447s/SB/2023KKI 910 NUR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 NUR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Keaktifan
Skripsi
Model Pembelajaran Talking Stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 5 Pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 2 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik