Electronic Resource
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Gedangan 6 Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran siswa kelas V Gedangan 6. Penelitian ini dilakukan di sekolah SDN Gedangan 6 pada bulan Mei 2018. Variable dalam penelitian ini meliputi dua variable yaitu variable bebas adalah Kompetensi Pedagogik guru (X) dan variable terikat adalah Prestasi Belajar (Y). Penelitian ini menggunakan sampel random berdasarkan kelas (cluster) dengan cara pengundian untuk mengambil sampel penelitian. Instrument dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil analisis pengaruh kompetensi pedagogik guru (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) maka dapat diketahui bahwa nilai probabilitas signifikanai X = 0,000 angka tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan kata lain ho di tolak ha diterima, maka dapat di simpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 6 Gedangan tahun pelajaran 2017/2018. Adapun saran yang dapat diberikan kepada guru yakni lebih meningkatkan kompetensi peadagigiknya untuk menciptakan dan memberikan bimbingan pada siswanya agar memiliki motivasi belajar yang tinggi, memberikan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah menerima pelajaran dari guru terkhususnya Guru mata pelajaran IPA sehingga prestasi belajar siswa dapat dipertahankan.
21345638/SB/2023 | KKI 372 IKE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain